Sabtu, 01 Oktober 2011

Sejarah Stadion Santiago Bernabeu

Ini dia gan Stadion yang akan menghelat Final Liga Champions 2010 antara
Bayern Muenchen vs Inter Milan
Di trit ini ane mau share sejarah singkat tentang Stadion ini...
Silahkan Disimak Gannnnnnn....


Spoiler for WELCOME
WELCOME TO ESTADIO SANTIAGO BERNABEU



Stadion Santiago Bernabéu terletak di bagian utara Madrid, Spanyol. Awalnya bernama Stadion Chamartín, stadion sekarang disebut Santiago Bernabéu dinamai untuk menghormati mantan presiden Real Madrid.

Stadion Bernabéu termasuk stadion terbesar dan terbaik di dunia, yang paling terkenal dan disukai oleh para pencinta sepakbola. Stadion berbintang 9 Santiago Bernabéu memiliki semua yang fasilitas terbaik sebuah stadion, dari bantal untuk tempat duduk, sampai atap semuanya lengkap.

Data:
Dibangun tahun 1947
Kapasitas: 77.300 pengunjung
Tempat duduk: 74.000
Tempat untuk VIP: 3.300
Harga tiket: 70 - 734 Euro

Sejarah stadion Santiago Bernabéu

Sejarah stadion Santiago Bernabeu memang tak bisa dipisahkan dengan perjalanan Real Madrid, klub raksasa di pentas Liga Spanyol. Santiago Bernabeu berdiri seiring pesatnya prestasi dan fanatisme publik pada El Real. Real Madrid sendiri berdiri pada 1902. Saat pertama kali eksis di pentas Liga Spanyol, Real tak memiliki stadion yang representatif. Mereka hanya memanfaatkan stadion kecil bernama Campo de O'Donnel yang hanya memiliki kapasitas 8.000 penonton. Sebelas tahun Real memanfaatkan Campo de O'Donnel. Pada 1912, mereka hijrah ke komplek stadion yang lebih luas di Estadio de Chamartin. Real resmi memakai Estadio de Chamartin sejak 17 Mei 1923 yang sekaligus menandai gelar pertama Real di pentas Liga Spanyol. Laga pembuka pemakaian Estadio de Chamartin ditandai dengan laga lawan Newcastle United yang disaksikan 22.500 suporter. Seiring perjalanan waktu, prestasi Real semakin membaik. Dukungan publik pun terus melimpah. Ini yang kemudian memunculkan gagasan pada Don Santiago Bernabeu, yang terpilih sebagai presiden Real pada 1943, untuk merenovasi Estadio de Chamartin. Bernabeu melihat, Estadio de Chamartin tak cukup untuk menampung luapan pendukung yang ingin melihat langsung penampilan tim kesayangan mereka di lapangan.

"Ini bukan ambisi pribadi saya. Tapi, ambisi klub dan pendukungnya. Real klub besar. Kami butuh stadion yang megah sebagai representasi kebesaran Real Madrid," papar Bernabeu kepada situs resmi Real.

Ucapan Bernabeu seolah titah yang tak boleh dibantah. Setelah dana terkumpul sebanyak 3 juta pesetas (sekitar USD20 Ribu atau Rp184 Juta) untuk pembangunan lapangan, serta 37 juta pesetas (USD 275 Ribu atau Rp2,5 M) untuk pembangunan fisik stadion, pada 17 Oktober 1944 peletakan batu pertama yang menandai renovasi total Estadio de Chamartin dimulai.

Sebagai desainer, pengurus Real menunjuk dua arsitek Luis Alemany Soler dan Manuel Munoz Monasterio. Setelah tiga tahun berjalan, wajah baru Estadio de Chamartin yang awalnya hanya sebuah stadion kecil dengan model bangunan yang kaku, berubah menjadi stadion yang lebih modern. Daya tampungnya juga lebih luas, yakni mencapai 73.300. Pada awal Desember 1947, stadion dinyatakan siap pakai. Untuk menunjukkan bahwa stadion sudah layak pakai, pada 14 Desember 1947, digelar laga pembukaan antara Real Madrid menjamu klub Portugal, OS Belenenses. Laga tersebut dimenangkan Real 3-1. Sabino Barinaga tercatat sebagai pencetak gol pertama di stadion baru Real. Nah, untuk menghargai ide besar Santiago Bernabeu, sejak 4 Januari 1955, stadion tak lagi memakai nama Estadio de Chamartin. Nama itu berubah menjadi Estadio Santiago Bernabeu.
Tahun 2002 Estadio Santiago Bernabéu direnovasi ulang, dengan dibangunnya PanoramaRestaurant di atas stadion. Kapasitas pengunjung kembali diperkecil menjadi 74.000 pengunjung. 3.300 tempat VIP bisa diraih dengan 8 Lift. Tahun ini juga Estadio Santiago Bernabéu diresmikan menjadi stadion terbaik di dunia dengan 9 bintang.

Sejarah Perhelatan Di Stadion Santiago Bernabeu :

* 1957: Real Madrid 2 - Fiorentina 0 (Final, Piala Eropa)
* 1964: Spanyol 2 - Uni Soviet 1 (Final, Piala Eropa)
* 1969: AC Milan 4 - Ajax 1 (Final, Piala Eropa)
* 1980: Nottingham Forest 1 - Hamburg 0 (Final, Piala Eropa)
* 1982: Italia 3 - [Jerman Barat] 1 (Final, Piala Dunia)
* 2010: Bayern Munich - Inter Milan (Final, UEFA Champions League)


Spoiler for Apakah Anda Tahu?

-Awalnya bernama Stadion Chamartin setelah stadion sebelumnya Real Madrid, Bernabeu besar dibuka pada bulan Desember 1947. Real Madrid secara resmi mengadopsi nama resmi saat ini - Stadion Santiago Bernabeu - pada Januari 1955.

-Tanah yang dibangun stadion berbiaya sekitar 20.000 US Dolar pada tahun 1944 dan total biaya konstruksi sebesar USD 275.000.

-Pekerjaan Renovasi dilakukan telah mengurangi kapasitas dari awal 120.000 ribu tempat duduk menjadi kurang lebih 80.000 tempat duduk.

-Arsitek Luis Alemany Soler dan Manuel Munoz Monasterio adalah perancang stadion, dan batu pondasi telah diletakkan pada tanggal 27 Oktober 1944

-Paus Yohanes Paulus II mengunjungi Madrid dan pernah mengumpulkan lebih dari 100.000 anak-anak Spanyol di Stadion Santiago Bernabeu pada tahun 1982.


Spoiler for Jorge Valdano Says:


"Setiap kali saya menginjakkan kaki di rumput Bernabeu saya merasakan kegugupan, semacam kecemasan yang terus menerus dari diri saya pada saat saya melangkah keluar ke dalam cahaya lampu sorot."


Spoiler for Foto-Foto















Spoiler for Jangan Lupaaaa....
Jangan Lupa Laga Pamungkas Liga Champions 2010 Akan Digelar Disini


[CENTER]23 Mei 2010

[/CENTER]


Tidak ada komentar:

Posting Komentar